Skip to main content
Merubah password admin midgard.
Pada midgard, baik itu memakai aegir, spider-admin, atau asgard terdapat superuser admin yang berwenang mempunyai hak admin ( dikenal SG0 ). Secara default password untuk user admin adalah password atau mjonir. Membiarkan password admin secara default tentu berbahaya bagi kelangsungan situs anda. Jika anda hanya memiliki satu buah database untuk staging dan live site. Anda hanya perlu merubah password melalui aegir atau spider dan jangan lupa merubah password di file conf repligard maka proses repligard dapat berjalan dengan baik. Repligard membaca user dan password dengan hak admin dari dalam database midgard untuk melakukan operasi repligard. Namun jika anda mempunyai dua buah database untuk live dan staging maka umumnya andaakan mengalami pesan repligard error sewaktu melakukan import ke dalam live site. Hal ini karena anda hanya merubah password melalui aegir atau spider di datavase staging walaupun anda sudah merubah password di kedua repligard conf baik untuk dump ataupun import. Karena sewaktu melakukan import, repligard membaca user dan password dari database live yang passwordnya belum berubah. Ada dua hal yang anda dapat lakukan.
1. Rubah password admin anda di staging melalui aegir atau spider lalu rubah juga password admin di conf dump repligard. Biarkan password conf import repligard seperti yang lama sehingga repligard tetap dapat melakukan import karena password tdak berubah didalam database. Walau password default tidak berubah pada live site, namun tetap aman karena web admin seperti aegir dan spider mempunyai entry port 8001 di tabel host sehingga jika ada request ke port 8001 maka yang menangani adalah database staging.
2. Rubah password admin anda di staging melalui aegir atau spider lalu rubah juga password admin di conf dump repligard. Setelah itu rubah password di conf import repligard. Lalu rubah juga password admin di database live site. Anda dapat meset password ini langsung dengan mysql query. Namun akan lebih aman jika anda merubahnya dengan aegir atau spider melalui live site. Sebelum anda bisa mengakses spider atau aegir melalui live site, anda perlu merubah host tabel terlebih dahulu.
Misal aka merubah password dengan aegir maka pada database live ketikan query sql " update hist set port=80 where prefi='/spider-admin/'; "
setelah itu buka spider admin melalui live site(port 80) dan rubah password user admin disesuaikan dengan conf import repligard. Jangan lupa mengeset port spider admin kembali ke 8001 satu setelah selesai.

Comments

Popular posts from this blog

Yet another online shop launch

For housewife who use to work, daily activities are dull and boring. So I've been persuade my wife to run online shop to add variation on her daily routine. Finally we decided to start selling clothing goods and knick knacks, some are airbrush paint t shirt, woman snake leather handbag are there also Since I've been working with python, I came out to use satchmo for our online shop framework After doing customizing here and there and build some payment modules, we lauch WarungRupa.com  on early January 2012 We have some ideas which are still in our thoughts and we keen to work on it Hope WarungRupa.com  can have many visitors and buyers Next to do are SEO and promotions ^_^
1 Desember 2003 Spider admin diinstall dari < http://agaipiotras.igk.pl/spider-admin.xml.gz > karena situs cvs di midgard tidak dapat diakses dan situs spider sendiri berbahasa Rusia sehingga mencari di www.google.com dengan keyword "spider-admin.xml.gz". Spider dan aegir dapat berjalan dengan baik.
wheeeww... it been a while since I do my last web bloging since the web project finally hit the road plus I've only lame ass internet connection. I've decided that this blog gonna be my personal blog that would tell you guys about my experience with opensource world and maybe a bit about my presonal things (which is almost imposible since I'm not so much open about my personal life ;) ) one other thing... yeah it would be gado-gado blog entry. That mean sometime I'll post in english and sometime in bahasa due to the limitation of my brain ;)